Pengaruh Negative Jejaring Sosial Facebook Bagi anak-anak

Published 27 November 2011 by komunikasi2010

Pengaruh Negative Jejaring Sosial Facebook Bagi anak-anak

Oleh: Rizki Silvia Anggraeni

201010040311209

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Di zaman yang sangat modern saat ini, perkembangan dunia komunikasi sangatlah tinggi, jejaring sosial pun yang menghubungkan sesama masyarakat lainnya pun banyak yang di mulai melalui cara ini. Di beberapa tahun yang lalu di saat indonesia belum mengenal dunia internet, para masyarakat pun kebanyakan menggunakan cara yang sangat alami untuk berkomunikasi dengan sesamanya, baik itu melalui surat menyurat, ataupun melalui media telfon rumah, yang mana media tersebut sangat modern di zamannya.

Berkembangnya teknologi ini pastinya juga sangat berpengaruh terhadap masyarakat yang ada di dalamnnya. Sebagai contohnya negara-negara yang maju saat ini sangatlah banyak, mulai dari negara barat amerika serikat, hingga tetangga kita sendiri yaitu jepang yang sangat mempengaruhi perkembangan teknologi di dunia ini.

Saat ini, telah ada media jejaring sosial yang dapat menghubungkan para masyarakat terhadap sesamanya dengan mudah. Media jejaring sosial tersebut sering kita kenal dengan nama Facebook, twitter dan lain sebagainya. Penggunannya pun juga sangatlah banyak mulai dari kalangan orang tua, mahasiswa, dosen, guru, serta anak-anak di kalangan SD. Dari perkembangan nya zaman pun juga dapat terlihat meningkatnya pengguna yang seharus nya media ini di gunakan oleh orang dewasa.

Pengaruh positif serta negatif nya pun juga bisa dilihat di kehidupan nyata bagi orang dewasa hingga anak-anak. Tak dapat kita pungkiri, banyak para orang tua yang mengajarkan jejaring sosial kepada anak-anak mereka untuk berkomunikasi. Apadahal jejaring sosial tersebut jika tidak digunakan untuk hal-hal yang baik maka dampakanya akan sangat negatif terhadap perkembangan psikologis anak di masa pertumbuhannya.

 

 

 

 

1.2  Rumusan Masalah

1. Apa pengertian Facebook sendiri?

2. Apa saja dampak negative facebook bagi anak-anak?

3. Apa saja kelemahan media facebook sebagai pembelajaran?

 

BAB II

PEMBAHASAN

  1. a.      Pengertian Facebook

Info yang di ambil melalui Wikipedia berbahasa indonesia adalah sebuah situs web jejaring sosial populer yang diluncurkan pada 4 Februari 2004. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang mahasiswa Harvard kelahiran 14 Mei 1984 dan mantan murid Ardsley High School. Atau dapat juga diartikan facebook adalah sebuah web jejaring sosial yang didirikan oleh mark zuckerberg dan diluncurkan pada 4 Februari 2004 yang memungkinkan para pengguna dapat menambahkan profil dengan foto, kontak, ataupun informasi personil lainnya dan dapat bergabung dalam komunitas untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan pengguna lainnya.

Bagi yang sudah mempunyai account facebook, untuk mulai beraktifitas di facebook dan berinteraksi dengan pengguna lain kita musti masuk/login terlebih dahulu via halaman facebook login. Sedang bagi pengguna baru / belum pernah daftar sebelumnya, tentu diwajibkan untuk mendaftar dahulu supaya mendapatkan account facebook baru. Caranya bisa dilihat di artikel sebelumnya cara membuat facebook. Kita tinggal memasukkan username(nama pengguna), alamat email, kata sandi, tanggal lahir, dsb seperti yang diminta di form registrasi dilanjutkan dengan langkah-langkah seperti yang diminta, mudah kok. Lalu, bagaimana untuk yang belum punya email, apakah bisa mendaftar facebook? Bisa, tapi harus buat email dulu. Panduannya bisa dilihat di sini cara membuat email.

Yang pada mulanya pengunaannya hanya diperuntukkan bagi mahasiswa dari Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Universitas Boston, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat surat-e suatu universitas dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs jejaring sosial ini.

Selanjutnya dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Sampai akhirnya, pada September 2006 Facebook mulai membuka pendaftaran bagi siapa saja yang memiliki alamat email. Pada waktu itu jumlah pengguna facebook terus bertambah. Sampai beberapa perusahaan besar seperti friendster, Viacom, bahkan Yahoo tertarik untuk membeli/mengakuisisi facebook. Tapi semua tawaran tersebut ditolak oleh Mark Zuckerberg sebagai pendiri Facebook meskipun harga yang ditawarkan terbilang fantastis. Friendster menawar 10 juta US dollar, Viacom 750 juta US dollar, dan yahoo 1 Milyar US dollar.

Pada akhirnya, langkah yang diambil zuckerberg tersebut sangatlah tepat karena facebook terus berkembang dan pada 2007 terdapat penambahan 200 ribu account baru perharinya. Lebih dari 25 juta user aktif menggunakan Facebook setiap harinya. Sampai pada 2009, penghasilan facebook mencapai nominal 800 juta US dollar. Malahan di tahun 2010 ini ditaksir angka itu akan melambung mencapai lebih dari 1 Milyar US dollar, wow. Yang mana sumbernya ditaksir dari hasil periklanan. Untuk jumlah pengguna, di tahun 2010 ini, menurut sumber terbaru yang saya baca sudah melebihi angka 500 juta user.

  1. b.      Dampak negative Facebook bagi anak-anak
  2. Mengganggu kosentrasi belajar anak

Facebook memang media yang memudahkan para penggunannya untuk berkomunikasi, namun tidak bagi anak-anak, karena, selain menggangu mental dan perkembangan mereka, anak-anak yang sering menggunakan facebook akan terganggu belajarnya, mereka akan terbiasa dengan waktu yang mereka gunakan untuk berakses dengan teman-temannya.

  1. Mengganggu kesehatan

Jika anak-anak terlalu sering mengakses komputer ato elektroonik yang lainnya, akan memudahkan mereka terganggu kesehatannya, baik mulai dari gangguan makan, tidur, obesitas, serta gangguan mata yang diakibatkan karena mereka sering menatap layar komputer ato laptop secara sering.

  1. Mengurangi sosialisasi anak-anak terhadap lingkungan

Pengaruh dari facebook yang lainnya adalah membuat anak-anak tidak peduli dengan lingkungan sekitar nya, karena mereka akan sibuk dengan teman-teman nya di facebook, mereka akan masa bodoh dengan segala sesuatu yang ada disekelilingnya.

  1. Memudahkan anak-anak untuk mengakses gambar-gambar yang tidak mendidik

Dari facebook jika tidak di batasi serta di beri pengertian terhadap anak-anak, maka akan memudahkan mereka mengakses segala macam foto yang mereka mau, bahayanya jika mereka bisa mengakses foto-foto yang tidak senonoh di facebook. Karena di facebook sangat banyak sekali gambar yang memudahkan mereka untuk mengetahui dari sana.

  1. Banyak penipuan

Penipuan sangatlah banyak sekali di facebook, bagi anak-anak yang tidak mengetahui hal ini dapat membahayakan mereka. Bahayanya mereka dapat di tipu dan di culik, bisa juga mereka di perjual belikan untuk di perdagangkan. Maka dari itu, wajib bagi orang tua untuk waspada terhadap hal-hal semcama ini di facebook, agar para orang tua dapat memberi wacana bagi anak-anak mereka.

  1. Menghamburkan uang

Bagi anak-anak yang tidak mempunyai komputer dan alat elektronik lainnya untuk mengakses internet, maka biasanya dari mereka sering datang ke warnet untuk mengakses internet, dan pastinya mereka akan menggunakan jejaring sosial untuk bermain bersama teman-temannya di sana.

  1. Berkurangnya waktu untuk keluarga

Kebersamaan dalam keluarga adalah nomer satu, biasanya slogan seperti itu tidak berlaku bagi facebookers, menurut mereka, teman-teman di facebook lah yang nomer satu. Tidak jarang, perhatian terhadap keluarga jadi berkurang.

  1. Mengakibatkan perselisihan

Tidak adanya kontrol di dalam penggunaan facebook, serta pengguna facebook yang belum bisa berfikir secara dewasa, mengakibatkan adanya perselisihan di dalamnya.

Namun, banyak nya perselisihan ini, tidak mengurangi pengguna facebook untuk berkomunikasi.

 

 

 

 

 

 

BAB III

KESIMPULAN

 

Media jejaring sosial saat ini memang sangat sering digunakan sebagai media utama untuk berkomunikasi, mulai dari orang dewasa hingga anak-anak juga memanfaatkan media tersebut. Facebook adalah jejaring sosial yang perkembangannya sangat pesat di kalangan remaja dewasa ini. Facebook menduduki rangking pertama sebagai jejaring sosial yang terlaris diantara jejaring-jejaring sosial lainnya. Tercatat perkembangan penggunaan facebook oleh masyarakat Indonesia yang mencapai pertumbuhan 645% pada tahun 2008 (Budi Putra mantan editor Harian Tempo yang dirilis oleh CNET Asia portal IT). Indonesia merupakan satu dari beberapa negara yang mengalami perkembangan pesat penggunaan facebook.

Indonesia tercatat menduduki rangking ke 2 dari 10 negara pengguna facebook terbanyak. Lebih dari 35.174.940 penduduk Indonesia menggunakan facebook.
Pengguna facebook di Indonesia mulai dari kalangan anak-anak hingga dewasa. Tetapi sebagian besar pengguna facebook adalah kalangan remaja. Begitu banyak kalangan remaja yang sudah menggunakan jejaring sosial yang satu ini. Kemudahan yang didapatkan di facebook adalah daya tarik tersendiri bagi para kaum remaja. Hampir sebagian besar bahkan semua remaja di Indonesia memiliki facebook. Facebook saat ini sangat popular sekali di Indonesia yang melanda masyarakat Indonesia. Dengan facebook kita dapat menambah teman, dan juga dapat menemukan teman lama yang sudah tidak pernah berkomunikasi lagi (lost contect). Facebook membantu penggunanya untuk lebih mudah menjalin pertemanan. Alasan demikian yang membuat facebook memiliki pengguna yang sangat banyak.
Facebook juga dapat diakses secara mudah lewat internet yang ada di komputer ataupun laptop dan handphone. Pengaksesan facebook yang mudah tersebut yang membuat semua kalangan masyarakat tertarik untuk menggunakan facebook sebagai media refreshing mereka dari kejenuhan dan selain itu untuk hiburan tentunya.

Facebook juga menyediakan berbagai aplikasi-aplikasi yang menarik, salah satunya adalah berbagai permainan yang sering muncul di facebook. Pengguna facebook juga dapat mengikuti permainan “poker” untuk mendapatkan “chip” yang digunakan untuk memainkan permainan tersebut. Selain itu, di facebook kita juga bisa menjual atau membeli barang yang kita mau, karena sekarang para penjual tidak kehabisan akal dalam menjajakan barang dagangan nya, sekarang, karena teknologi telah maju, maka facebook juga digunakan sebagai media berdagang.

Masih banyak hal-hal lainnya yang dapat didapat d facebook. Foto-foto apapun juga dapat diunggah di facebook. Hal ini yang membuat banyak orang betah mengakses facebook berjam-jam. Selain foto, kita juga bisa menggugah video yang kita bikin. Facebook selain membawa dampak negative, facebook juga bisa membawa dampak positive bagi penggunannya, asalkan mengetahui cara pemakaian serta penggunannya secara benar.

BAB IV

DAFTAR PUSTAKA

file:///D:/KuLiah/kuliah_3/dyyjy/10%20Dampak%20Negatif%20Facebook%20Bagi%2               0Pelajar%20dan%20Remaja.htm

file:///D:/KuLiah/kuliah_3/dyyjy/10%20Dampak%20Negatif%20Facebook.htm

file:///D:/KuLiah/kuliah_3/dyyjy/Facebook%20-%20Wikipedia%20bahasa%20Indonesia,%20ensiklopedia%20bebas.htm

file:///D:/KuLiah/kuliah_3/dyyjy/Pengertian%20Facebook%20Adalah%20%20%20Sejarah%20Facebook.htm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: