DAMPAK RADIASI HANDPHONE TERHADAP KESEHATAN

Published 28 November 2011 by komunikasi2010

DAMPAK RADIASI HANDPHONE TERHADAP KESEHATAN MANUSIA

Oleh :

Yeni Nurhayati

201010040311201

BAB 1

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah

manusia adalah makhluk sosial,artinya manusia tidak dapat hidup tanpa orang lain. Dalam mewujudkan kodratnya ini,manusia melakukan komunikasi dengan orang lain. Komunikasi telah dilakukan oleh manusia purba.Komunikasi ini dilakukan dengan berbagai cara,baik secara langsung maupun dengan tulisan dan gambar.

 

Seiring berkembangnya zaman,manusia pun tersebar ke seluruh penjuru dunia.Komunikasi pun semakin sulit untuk dilakukan,khususnya untuk orang yang tinggalnya berjauhan.Oleh karena itu,manusia memikirkan cara-cara komunikasi yang baru.Hal ini dimulai dengan pengiriman surat.Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi menyebabkan munculnya teknik berkomunikasi baru,yaitu telepon.Manusia selalu menginginkan sesuatu yang praktis, maka diciptakanlah telepon genggam yang akrab disebut ponsel (telepon seluler).

 

Di era globalisasi ini,ponsel sudah menjamur di masyarakat.Ponsel sudah dikatakan sebagai barang yang “merakyat”,artinya digunakan di berbagai kalangan.Bagaikan hubungan antara dua magnet yang berbeda kutub,begitu pulalah hubungan manusia dengan ponsel yang susah dipisahkan.Setiap hari berjuta-juta orang di berbagai belahan bumi menggunakan ponsel untuk menelepon atau mengirim pesan kepada orang lain.Tapi apakah kita tahu dampak ponsel bagi kesehatan kita? Apakah ponsel hanya memiliki dampak positif? Ataukah justru seperti pisau bermata dua,di satu sisi menguntungkan,tapi di sisi lain merugikan kita?

 

1.2 Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang di atas,dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut.

1. Apa pengaruh gelombang radiasi ponsel bagi kesehatan manusia?

2. Bagaimana cara meminimalisasi pengaruh radiasi ponsel bagi kesehatan

manusia?

1.3 Tujuan Penulisan

Sesuai dengan permasalahan di atas, tujuan yang hendak dicapai adalah:

  1. Mengetahui pengaruh radiasi ponsel pada kesehatan manusia.
  2. Mengetahui cara mengurangi pengaruh radiasi ponsel.

 

1.4 Manfaat Penulisan

Penelitian ini memiliki manfaat sebagai berikut :

1.Bagi pengguna ponsel,penelitian ini dapat memberitahu pengaruh radiasi ponsel bagi

kesehatan.

2.Bagi pengembang teknologi,penelitian ini dapat dijadikan dasar untuk menciptakan

ponsel yang tidak memberikan dampak buruk bagi kesehatan manusia.

3.Bagi tenaga penyuluh,penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan untuk melakukan

penyuluhan kepada para masyarakat pengguna ponsel.

4.Bagi peneliti,penelitian ini dapat dijadikan kajian awal untuk melakukan penelitian

lanjut.

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB 2

PEMBAHASAN

2.1 Pengertian Radiasi Elektromagnetik

Pada ponsel terdapat transmitter yang mengubah suara menjadi gelombang sinusoidal kontinu yang kemudian dipancarkan keluar melalui antena dan berfluktuasi melalui udara.Gelombang radio inilah yang menimbulkan radiasi elektromagnetik.Gelombang elektromagnetik dapat bersifat seperti gelombang atau partikel.Sebagai gelombang,dicirikan oleh kecepatan (kecepatan cahaya),panjang gelombang,dan frekuensi.Sewaktu listrik dialirkan melalui jaringan transmisi, distribusi, atau digunakan dalam berbagai peralatan elektronik,saat itu juga muncul medan elektromagnetik di sekitar saluran dan peralatan. Medan ini kemudian menyebar ke lingkungan dan berpotensi menimbulkan gangguan kesehatan kepada menusia,meskipun tidak setiap radiasi elektromagnetik akan menimbulkan ganguan kesehatan.

Terdapat dua jenis radiasi,yaitu radiasi pengion dan radiasi nonpengion.Radiasi pengion adalah radiasi yang dapat menyebabkan proses terlepasnya elektron dari atom sehingga terbentuk pasangan ion.Radiasi pengion perlu diwaspadai,terutama mengenai sumber,jenis,sifat,akibat,dan bagaimana cara menghindarinya.Tidak demikian dengan radiasi nonpengion.Radiasi ini didefinisikan sebagai penyebaran atau emisi energi yang bila melalui media dan terjadi proses penyerapan,berkas energi radiasi tersebut tidak akan mampu menginduksi terjadinya proses ionisasi dalam media yang bersangkutan.Istilah radiasi nonpengion mengacu kepada radiasi elektromagnetik yang meliputi sinar ultra violet,cahaya tampak,infra merah,gelombang mikro (microwave),radiofrekuesi elektromagnetik.Radiasi nonpengion inilah yang menjadi kekhawatiran masyarakat sejak akhir tahun 1960-an.

 

 

 

 

 

2.2 Dampak Radiasi Ponsel Terhadap Kesehatan

Gangguan kesehatan yang potensial akibat radiasi medan elektromagnetik telah menjadi isu yang diteliti sampai sekarang.Penelitian pada manusia umumnya dilakukan terhadap masyarakat yang tinggal di dekat instalasi pembangkit tenaga listrik serta jaringan distribusinya,para pekerja industri elektronik serta pengguna peralatan elektronik.Seiring dengan penelitian tersebut,ditemukanlah berbagai gangguan kesehatan akibat radiasi elektromagnetik,khususnya eletromagnetik pada ponsel.Berdasarkan kuisioner yang telah dilakukan,penyusun menyebarkan 50 lembar kuisioner.Di antara 48 pengguna ponsel tersebut,31 pengguna meletakkan ponsel di saku dan sisanya meletakkan di tas.Pengguna ponsel tersebut 60% sering menggunakan ponsel untuk SMS, 20% untuk internet,15 % untuk menelpon,dan 5% untuk games.Pengguna rata-rata memakai ponsel selama 30 menit.Dari data diketahui 69% pengguna mengetahui dampak dari radiasi ponsel dan 31% tidak mengetahuinya.Dalam 69% pengguna ponsel tersebut menjawab pusing,gangguan pendengaran ,dan kanker sebagai bahaya radiasi ponsel.

 

2.3 Solusi Mengurangi Dampak dari Radiasi Ponsel Terhadap Kesehatan

Pakar kesehatan menemukan beberapa upaya untuk memperkecil pengaruh radiasi ponsel terhadap kesehatan pengguna ponsel. Upaya tersebut meliputi

  1. pergunakan headset atau handsfree seefektif mungkin,
  2. memanfaatkan layanan pesan singkat (SMS) dibanding telepon,
  3. tidak menggunakan ponsel sewaktu sinyal lemah,
  4. tunggulah sampai telepon sudah menyambung ke tempat tujuan,
  5. jangan menyimpan ponsel di saku atau ikat pinggang pada saat ponsel dalam kondisi on,
  6. dalam buku manual ponsel selalu dianjurkan untuk mematikan ponsel pada saat berada di dekat pompa bensin maupun tempat-tempat penyimpanan bahan kimia yang mudah meledak. Ponsel dapat mengganggu operasi instalasi teknis dari tempat-tempat tersebut,
  7. meminimalisir pemakaian ponsel di ruang tertutup dengan bahan logam atau baja, misalnya di dalam mobil,

 

Dengan mengetahui resiko dari efek radiasi HP,maka kita jangan lagi meremehkan resiko dari radiasi HP ini karena akibatnya bisa fatal bagi organ tubuh kita.Sedapat mungkin, kita dapat menjauhakn HP dari Anda saat Anda tidak sedang memakainya.

 

Jangan terlalu sering meletakkan HP dekat dengan ginjal,jantung,dan dikantung celana Anda karena ini bisa merusak ginjal, jantung,dan sistem reproduksi Anda! Juga jangan meletakkan HP dekat dengan Anda ketika tidur.Jauhkan juga barang-barang elektronik lainnya (radio, televisi,laptop) dari tempat Anda tidur karena radiasi dari barang-barang elektronik tersebut bisa membahayakan kesehatan Anda dalam jangka panjang.Radiasi yang ada mengganggu proses produksi hormone oleh tubuh kita pada saat kita tidur.

 

Setelah mengetahui begitu besarnya bahaya yang mengancam tubuh Anda,maka mulai sekarang Anda harus bisa mengontrol diri saat menggunakan HP.Hal itu sangat penting Anda lakukan demi kesehatan tubuh Anda.Karena kehatan itu sangat mahal harganya dari sebuah HP dengan falitas multimedia dan fitur yang disajikan.

 

BAB 3

PENUTUP

 

3.1 Kesimpulan

Berdasarkan informasi yang telah didapatkan dari penyusunan makalah,ternyata ponsel mempunyai dampak yang akan mengganggu kesehatan penggunanya.Dari penyakit ringan seperti vertigo hingga penyakit berbahaya seperti kanker pun dapat membahayakan penggunanya.Radiasi ponsel timbul tidak hanya saat digunakan,tetapi saat meletakkan ponsel di saku juga dapat menyebabkan radiasi.Oleh karena itu,sebagai pengguna ponsel kita harus menyadari hal tersebut dan lebih berhati-hati dalam menggunakan ponsel,dengan cara meminimalisir waktu pemakaian ponsel serta memaksimalkan jarak ponsel dengan tubuh kita (dalam kondisi menyala).

 

3.2 Saran

Dalam menggunakan ponsel sebaiknya pengguna mengetahui cara pemakaian yang baik. Pengguna ponsel juga harus berhati-hati dalam memilih merk dan tipe ponsel yang akan digunakan.Karena setiap ponsel memiliki level SAR yang berbeda.Lever SAR ini biasanya dicantumkan dalam buku manual.Para produsen pun seharusnya memproduksi ponsel yang tidak memilki jumlah radiasi elektromagnetik yang besar.Supaya ponsel tidak terlalu berbahaya bagi penggunanya.Sebab ponsel dimilki setiap orang sebagai media komunikasi yang penting.

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Anies.2009.Cepat Tua Akibat Radiasi.Jakarta:Elex Media Komputindo.

 

Harmaya.(2009).Apakah Radiasi Ponsel Berbahaya? (Online).Tersedia: http://healthzone,ca/healoth/article/459099.com.

 

Mahendra,Oka.(2009).Radiasi Ponsel Bagi Kesehatan.(Online).Tersedia : htpp://tutorialgratis.net.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: